LINE@
adalah layanan baru dari LINE untuk para bisnis mengelola,
berkomunikasi, dan berpromosi. LINE@ menargetkan semua UKM di
Indonesia, namun saat ini LINE sedang memfokuskan dirinya kepada tiga
kategori, yaitu online shop sebagai fokus utama, dan diikuti oleh blogger dan community.
Mengapa online shop? Saat ini terdapat lebih dari 150.000 online shop
di Indonesia dimana mereka bekerja individu. Mereka harus mempromosikan
toko atau bisnis mereka dengan usaha mereka sendiri, tidak ada
institusi yang benar-benar mendukung mereka, dan akhirnya mereka
berjualan di beberapa media sosial yang tidak seharusnya digunakan untuk
berjualan.
Dengan adanya LINE@ dan fitur-fiturnya, para online shop kini akan
menjadi semakin terbantu. Manajemen online shop kini akan menjadi lebih
rapi dengan fitur Unlimited Followers dan Up To 100 Admin Members dimana
online shop tidak perlu menggunakan banyak akun karena LINE@ dapat
mengumpulkan semua kontak pelanggan tanpa khawatir batas, juga dapat
dikelola sampai dengan 100 admin member dan bisa chatting dengan
pelanggan secara bersamaan dan langsung.
Selain manajemen yang rapi, para online shop juga dapat mencari
pelanggan baru dengan cara promosi yang mudah dan gratis. Yaitu dengan
memanfaatkan fitur Timeline Sharing dimana para pelanggan atau follower
LINE@ dapat meng-share konten yang dishare oleh akun LINE@, sehingga
para teman dari si pelanggan atau follower tersebut akan mendapat
informasi yang sama. Fitur ini telah terbukti oleh akun LINE@ blogger
@Berdakwah yang berhasil mendapatkan 8.000 followers baru setiap
harinya. Tanpa biaya apapun.
Penjualan juga akan meningkat drastis dengan fitur Broadcast Message
yang memungkinan online shop mem-broadcast tidak hanya text, namun juga
foto. Ini juga telah dibuktikan oleh akun @Loveable yang berhasil
meningkatkan penjualannya 70%.
Fitur lainnya yang bermanfaat adalah Auto Reply dimana online shop
dapat menikmati libur tanpa khawatir pelanggan komplain karena respon
yang lambat.
Beberapa online shop sudah terbukti dengan kisah sukses mereka
bersama LINE@. Contohnya sebuah online shop yang berjualan makanan
cemilan bernama @KingSandwich mendapatkan 78.000 pelanggan baru hanya
dalam waktu 4 bulan di LINE@. Ada pula online shop bernama
@DistributorConv yang berhasil mendapatkan 27.000 pelanggan baru dalam 2
minggu sejak bergabung ke LINE@.
LINE@ merupakan platform gratis yang dapat dinikmati oleh seluruh pengguna LINE,
namun terdapat juga LINE@ berbayar yang menawarkan fitur-fitur yang
lebih memadai. Fitur-fitur dalam LINE@ sudah disesuaikan dengan
kebutuhan para UKM, misalnya untuk LINE@ versi gratis terdapat fitur
1.000 broadcast message per bulan dan 20 admin member. Message di sini terhitung sebagai followers, bila sebuah online seller memiliki 900 followers, maka jika ia mengirimkan 900 pesan, sama artinya ia mengirimkan pesan tersebut kepada 900 followers miliknya.
Sementara untuk LINE@ berbayar, fitur-fitur yang ditawarkan lebih memadai, misalnya unlimited followers, unlimited broadcast, serta 100 admin member
yang dapat menggunakan ID yang sama. Untuk menikmati LINE@ versi
berbayar, LINE menawarkan biaya sekitar US$50 per bulan. Namun, untuk
memaksimalkan visi LINE@ sendiri yang ingin mendukung penuh para online shop,
LINE@ versi lengkap atau berbayar dapat dinikmati secara GRATIS saat
ini oleh para pengguna LINE@ seluruh Indonesia sampai dengan tahun
depan.
Dukungan LINE untuk Online Shop
Selain
melalui fitur-fiturnya, LINE juga akan membantu para online shop dalam
menjual dan mempromosikan bisnis atau barang dagangan mereka dengan cara
mem-broadcast melalui LINE Shopping. LINE Shopping adalah suatu official account dimana para online shopper atau online buyer dikumpulkan dalam satu platform. Saat ini followers LINE Shopping telah mencapai 4,7 juta followers dan merupakan satu-satunya komunitas online buyer terbesar di Indonesia.
Setiap harinya terdapat tiga online shop yang dipromosikan oleh LINE Shopping sebagai LINE@ recommended seller
yang dipilih secara terbuka dengan syarat memenuhi kriteria terpercaya
dan aktif dalam LINE@ seperti mencantumkan profil yang lengkap,
mengaktifkan 1:1 chat, dan secara konsisten mempromosikan online
shop-nya ke Timeline LINE@.
Selain promosi, pengiriman juga adalah faktor penting untuk online shop.
LINE juga memberikan diskon khusus sebesar 20% untuk para online
shop, juga dilengkapi dengan layanan pick up ke rumah si penjual/online
shop, dan nomor resi yang langsung di SMS kan ke pembeli. Untuk hal ini,
LINE bekerja sama dengan SiCepat, perusahaan logistik yang telah dipercaya oleh para online shop.
Fitur LINE@
Setelah melakukan registrasi di dalam LINE@, user dapat memilih
kategori bisnisnya di antara 28 kategori dengan sub kategori beragam
yang disediakan oleh LINE@, misalnya e-commerce, media, sampai dengan sekolah.
Fitur-fitur unggulan LINE@ adalah Unlimited Followers, Up To 100
Admins, Broadcast Message, Timeline Sharing seperti yang sudah
dijelaskan diatas, dan juga fitur Statistics yang memungkinkan online
shop mempelajari performa dan perkembangan bisnis mereka.
Selain fitur-fitur tersebut, terdapat juga fitur-fitur yang cukup detil dari fitur katalog produk sampai dengan employment opportunities—khusus untuk para online seller
yang sedang mencari admin. Dengan fitur lengkap pada panel profil yang
ditawarkan oleh LINE@, diharapkan pembeli bisa mendapatkan informasi
sedetil mungkin mengenai online seller tersebut sehingga akan mengurangi waktu penjual yang terbuang karena harus menjelaskan berulang kali.
Fitur broadcast juga terdapat dalam LINE@. Tidak seperti platform kebanyakan, broadcast dalam LINE@ dapat berupa tulisan, sticker, dan foto, serta dapat dijadwalkan waktunya. Bentuk promosi yang dapat dilakukan oleh online shop juga bermacam-macam, salah satunya yang paling mudah adalah kupon. Kupon ini dapat dibuat sendiri oleh online shop dan dapat diverifikasi hanya dengan pembeli menunjukkannya dari smartphone miliknya.
Fitur lainnya adalah fitur reply mode. Reply mode dalam LINE@ terdiri dari tiga jenis dilihat dari penggunanya yang tidak hanya online seller, yaitu one-to-one chat, auto-reply, dan keyword reply. One-to-one chat merupakan fitur chatting langsung dengan online seller, auto-reply yaitu pesan yang dikirimkan oleh para pembeli dapat langsung dibalas oleh pesan yang sebelumnya sudah ditulis dan diatur oleh online seller, dan yang ketiga adalah keyword reply berupa balasan otomatis seperti “ketik 1”, “ketik 2”, dsb.
Dengan tagline “Grow Your Business with LINE@”, LINE@ berharap para UKM online seller dapat mengembangkan bisnisnya dari skala UKM menuju bisnis profesional hingga internasional.
LINE telah merilis dokumen resmi mengenai LINE@ yang berisi langkah dan tips sukses untuk para online shop.
Silakan melihat dan download dokumen tersebut disini:
sumber : http://startupbisnis.com/line-media-baru-bagi-para-online-shop-dan-ukm-untuk-mengembangkan-bisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar